Tentang Bumagit

Founder Bumagit ada 3 orang, Bu Heni Prasetyorini, Jelita C Jihan, dan saya Tika Yulia. Kami bertiga adalah alumni program Coding Mum Bekraf batch 1 Surabaya tahun 2017. 

Namun, konsep dan format Bumagit baru terbentuk tahun 2019. Setelah beberapa formulasi diskusi dan utak atik, Konsep Bumagit, Ibu Rumah Tangga Digital muncul tahun 2019, saat Tika Yulia terpilih menjadi peserta Creative Hub Academy yang diadakan di Subtitute oleh Hivos dan British Council. Konsep ini muncul, karena ingin melanjutkan semangat yang dibawa oleh Coding Mum, yakni  ingin ibu Rumah tangga melek digital, untuk lebih fleksibel dan independen dgn topik lebih luas di bidang digital.

Bumagit berjalan secara dinamis sejak saat itu, semua program dan kegiatannya berjalan sesuai kebutuhan anggotanya. Mulai dari pusat informasi mengenai program pelatihan maupun lapangan pekerjaan berkenaan dengan coding dan atribut digital lainnya. Selain itu Bumagit menjadi wadah diskusi dan motivasi bagi perempuan yang terjun di dunia digital, baik yang berprofesi sebagai professional, atau ibu rumah tangga yang sekadar mencari informasi dan pengalaman untuk pendidikan putra-putrinya.

Konsep yang dinamis ini menjadikan tim inti Bumagit, menyesuaikan dan bergerak mencari core utama dari kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan dan membedakan dengan komunitas atau asosiasi lainnya yang ada di Surabaya. Sampai akhirnya disepakati bumagit sebagai fasilitas untuk perempuan untuk belajar dan bertumbuh bersama dalam lingkup digital. Bisa dibilang Bumagit adalah hub yang menghubungkan individu dengan individu, individu dengan info komunitas, maupun komunitas dengan komunitas yang berkecimpung di dunia digital.

Kurang lebih tercatat 308 anggota  dalam Bumagit Hub,  dengan kurang lebih 20 orang yang aktif berbagi tips, tutorial maupun informasi tentang dunia digital seperti pelatihan coding, beasiswa menkominfo, dsb.  Visi kami sederhana, kami ingin perempuan Indonesia melek digital dan memanfaatkannya sesuai kebutuhannya. Baik untuk berkarya mandiri atau untuk meneruskan warisan pada generasi berikutnya.

Misi Ibu Rumah Tangga Digital, Bumagit, tempat bertukar pikiran, informasi serta hal hal lainnya yang berkaitan dengan dunia digital dengan 100 % memberdayakan perempuan, oleh perempuan, untuk perempuan dan bagi perempuan . 

Tidak ada yang banyak berubah terkait dengan operasional Bumagit, karena hampir semua kegiatan dilakukan melalui Telegram, adapun kegiatan offline yakni rapat evaluasi dan perumusan kegiatan rutin masih belum bisa dilakukan dan berpindah sepenuhnya dalam telegram.